Top Menu

Total Pageviews

Pengenalan GNU Octave

GNU Octave (Octave) awalnya digunakan sebagai software pendamping perkuliahan Desain Reaktor Kimia.

Software ini didisain oleh James B. Rawlings dari University of Wisconsin Madison dan John G. Ekerdt dari University of Texas.

Meskipun awalnya hanya digunakan sebagai alat bantu perkuliahan, tetapi Octave mudah dipahami sehingga diminati oleh mahasiswa dari fakultas lain baik level sarjana maupun pasca sarjana.

Octave banyak digunakan sebagai alat komputasi utama, diantaranya oleh Andrew Ng untuk mengajar kelas Machine Learning di Standfort Online dan juga oleh saya (baca: penulis blog ini) dari Universitas Bengkulu untuk Studi Aliran Daya Penyulang Ratu Samban Bengkulu. 

Nama Octave tidak merujuk kepada nama tangga nada (mayor, minor, octave, etc) melainkan diambil dari salah satu nama manta profesor di John W. Eaton yang terkenal sebagai penulis Textbook Chemical Reaction Engineering.

Octave merupakan software bebas pakai, yang digunakan untuk analisis numerik dan dikatakan memiliki kemampuan setara dengan Matlab. Meskipun dalam wikipedia dikatakan kemampuan Octave setara dengan Matlab, akan tetapi sebetulnya tidak untuk saat ini. Ada beberapa fitur dalam Matlab yang belum tersedia di dalam Octave, diantaranya simulink.



bersambung ... (dalam proses penulisan)


Referensi :

http://stackoverflow.com/questions/12084246/differences-between-octave-and-matlab (diakses pada 28 April 2017)

https://id.wikipedia.org/wiki/GNU_Octave (diakses pada 28 April 2017)

https://www.gnu.org/software/octave/ (diakses pada 28 April 2017)

John W. Eaton, David Bateman, Søren Hauberg, Rik Wehbring (2016). GNU Octave version 4.2.0 manual: a high-level interactive language for numerical computations.
URL http://www.gnu.org/software/octave/doc/interpreter/

Post a Comment

Designed by OddThemes | Distributed By Gooyaabi Templates